Sabtu, 01 September 2012

service amplifier

sebelum saya memaparkan cara mudah service amplifier,terlebih dahulu saya jelaskan amplifier.amplifier adalah rangkaian penguat suara yang biasanya terdiri dari 3 rangkaian utama,yaitu tone control(input), pre amplifier,dan power amplifier(output).

nah kalau gitu ,oke sob langsung aja ke pokok utamanya,cara mudah service amplifier bisa dilakukan tanpa memakai alat ukur multitester,caranya adalah dengan jari telunjuk kita sob.caranya adalah sebagai berikut ;

  1. langkah pertama kita amankan dulu speakernya,yaitu dengan menggantinya dengan lampu pilot.hal  ini kita lakukan agar saat kita sedang melakukan service amplifier,kalau terjadi short (hubung singkat) speakernya gak jabol.

  2. hubungkan amplifier kita ke arus listrik alias stekernya di colokin ke stop kontak,tentunya yang ada arus listriknya,ya,hehe....

  3. cara mengetahui komponen mana yang rusak,bisa dilakukan dengan menelusuri dari input ke output atau bisa juga sebaliknya dari output ke input.terserah sob,mau pilih yang mana,tergantung selera.seneng maen depan atau belakang,hehe.sorry just kidding.

  4. sebagai contoh kita lakukakan penelusuran dari  input (tone control) ke output (power amplifier)

  5. lalu mulailah melakukan penelusuran dengan cara menyentuhkan telunjuk kita .perlu diingat cara menyentuhkan telunjuknya adalah dengan cara diketuk ketukan ya sob.

  6. setiap kali kita sentuhkan telunjuk,lihatlah lampu pilotnya.untuk komponen yang bermasalah akan diindikasikan oleh nyala lampu pilot yang kurang terang atau bahkan tidak nyala sama sekali.jika telah diketahui komponen yang bermasalah,maka periksalah komponen tersebut dengan memakai ohm meter.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar